kritik dan saran

Minggu, 05 Desember 2010

Topik

Topik merupakan pokok yang akan diperikan atau masalah yang akan dikemukakan. Sedangkan judul  adalah nama karya tersebut. Dan Tema lebih luas lingkupnya dan biasanya lebih abstrak; tema dapat dibagi-bagi menjadi beberapa topik. Dari topik dapat muncul judul-judul.  Oleh karena itu dapat diketahui bahwa tema, topik , judul adalah berbeda.
Walaupun topik yang dipilih sama, tetapi makksudnya berlainan, maka tema yang dihasilkan juga lain. Selanjutnya penggarapan dan materi-materi yang dipilih pun berbeda. Setelah topik ditetapkan, maksud topik diuraikan langkah selanjutnya membuat sebuah rumusan tentang masalah dan tujuan yang akan dicapai. Perumusan itu tidak lain adalah tema karangan. Tema karangan itu berbentuk satu kalimat, satu alinea.
Terdapat beberapa syarat dalam pemilihan atau penentuan topik dalam suatu wacana / cerita / karangan. Syarat topik yang baik :
-         harus relevan, judul harus mempunyai pertalian dengan temanya, atau dengan beberapa bagian yang penting dari tema tersebut.
-         judul harus dapat menimbulkan keingintahuan pembaca terhadap isi buku atau karangan.
-         harus singkat, tidak boleh mengambil bentuk kalimat atau frasa yang panjang, tetapi harus berbentuk kata atau rangkaian kata yang singkat. Bila harus membuat judul yang panjang, ciptakanlah judul utama yang singkat dengan judul tambahan yang panjang.
-         tidak provokatif

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More