kritik dan saran

Rabu, 23 Mei 2012

Tips Membangun Usaha


Mendirikan "Usaha Mandiri" bukanlah hal yang mudah. Orang yang gagal mendirikan usaha mandiri jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan orang yang sukses. Faktor terpenting dalam memulainya ialah pengetahuan, pengalaman dan jaringan.

Pengetahuan tentang ilmu usaha memang sangatlah penting. Misalnya jika ada orang yang membuka sebuah usaha kecil-kecilan. kalau tidak diperhitungkan dengan matang tentang modal, pengeluaran, pemasukan, tranport dll, maka bisa saja besar pasak dari pada tiang. Usahanya bisa saja hancur saat itu juga. Akan tetapi berbeda kalau orang tersebut memiliki pengetahuan yang mumpuni. Usaha yang kecil pun bisa tumbuh menjadi usaha mandiri yang besar.

Faktor pengalaman pun sangat penting dalam mencoba membangun usaha yang mandiri. Karena menurut pepatah, pengalaman adalah guru yang berharga. Pengalaman tentang usaha ini bisa didapat dengan mencoba memulai usaha. Jangan takut dengan kegagalan, karena kegagalan yang kita alami bisa berbuah manis sebuah pengalaman yang berharga. Sehingga kita bisa menghindari penyebab kegagalan tersebut di kemudian hari.

Jaringan usaha atau bisnis sangatlah pengting pula. Sebagaimana yang kita ketahui, manusia adalah makhluk sosial. Artinya satu sama lainnya saling membutuhkan. Dengan memiliki jaringan usaha yang baik dan luas, maka diharapkan kita bisa membangun sebuah usaha yang mandiri.

Usaha yang dimulai hari ini bisa menjadi sebuah kerajaan bisnis di masa depan nanti. Jangan takut dengan kegagalan. Karena kegagalan akan memberikan kita sebuah pengalaman. Tidak ada orang sukses di dunia ini yang tidak pernah gagal. Selamat mencoba.

Credits to: Tulisan Bisnis

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More