kritik dan saran

Kamis, 29 Maret 2012

MapObjects vs ArcObjects

The Definitions of MapObjects & ArcObjects

Apa itu MapObjects?

MapObjects adalah kumpulan dari komponen perangkat lunak untuk pemetaan yang digunakan untuk memasukkan peta ke dalam aplikasi. MapObjects dapat dikombinasikan dengan komponen-komponen dari vendor-vendor lain seperti graphing, multimedia, atau objek-objek database. Aplikasi-aplikasi yang telah dibuat dapat disesuaikan sesuai dengan permintaan dari end-user.

Apa itu ArcObjects?
ArcObjects sendiri adalah kumpulan dari komponen perangkat lunak platform-independent yang ditulis dalam C++ yang menyediakan layanan untuk mendukung aplikasi GIS di desktop maupun di server.


Functions of MapObjects & ArcObjects

Fungsi MapObjects
MapObjects seluruhnya terdiri dari kontrol ActiveX (OCX) yang disebut juga dengan kontrol peta. Dalam satu set, terdapat lebih dari 45 objek ActiveX Automation. Biasanya, ini digunakan dalam industri pemograman windows standar.

Fungsi ArcObjects
Komponen ArcObjects diciptakan berbeda-beda. Persyaratan objek tertentu, selain untuk fungsi dasarnya, sangat bervariasi. Tergantung pada penggunaan akhir objek ini. Itulah mengapa fungsinya secara umum termasuk dalam salah satu dari tiga produk ArcGIS yang akan dijabarkan pada tabel di bawah ini:

ArcGIS Engine
Penggunaan objek terletak dalam custom application. Objek dalam ArcGIS Engine harus mendukung berbagai fungsi; dialog box, multithread server, dan aplikasi dekstop windoaws semua bisa digunakan dalam ArcGIS Engine.
Objek pada umunya digunakan di server framework di mana klien yang melakukan remote. Remote yang dilakukan tergantung pada jarak di mana klien berada di internet. Objek yang berjalan di server harus bisa dihitung.
Digunakan di dalam salah satu aplikasi ArcGIS Desktop. Menyediakan pengalaman yang lebih untuk user. Dilengkapi dengan berbagai dialog box, dan property page yang membantu end-user untuk bekerja lebih efektif.

Advantages & Disadvantages of MapObjects & ArcObjects

Kelebihan MapObjects

1. Dapat menambahkan mapping component pada aplikasi yang sedang dibangun.
2. Aplikasi SIG yang dibangun dengan Mapobjects lebih ringan.
3. Dapat melakukan customized mapping secara maksimal dengan simple‐query sehingga mudah mengakses data ke database.

Kekurangan MapObjects

MapObjects hanya memiliki satu kekurangan: finansial. Untuk menggunakan MapObjects, tidaklah sedikit dana yang dibutuhkan.

Kelebihan ArcObjects

Pilihan aplikasi yang ingin digunakan lebih banyak.


Kekurangan ArcObjects

Kefektifannya kurang karena terkadang user tidak tahu aplikasi mana yang harus digunakan. Sehingga sering terjadi salah pilih.

Source:
http://edndoc.esri.com/arcobjects/9.2/NET/5bd93a2b-1c00-4927-ab26-5fbe3891a448.htm
http://en.wikipedia.org/wiki/ArcGIS
http://support.esri.com/en/knowledgebase/techarticles/detail/20137
http://courseware.politekniktelkom.ac.id/Jurnal%20Proyek%20Akhir/MI/Jurnal%20Finsa.pdf

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More