kritik dan saran

Minggu, 03 Januari 2010

Akon

Aliaune Damala Bouga Time Puru Nacka Lu Lu Lu Badara Akon Thian atau yang lebih dikenal dengan Akon, dilahirkan di St. Louis, Missouri pada tanggal 14 Oktober 1981.

Akon adalah putra dari musisi jazz, Mor Thiam. Akon menghabiskan masa kecilnya di Senegal sampai ia berusia tujuh tahun. Dia menghabiskan waktu remaja dengan bolak-balik Senegal dan US sampai ia berusia 15 tahun. Setelah itu, keluarganya pindah ke Jersey City, New Jersey. Akon berbahasa Inggris, Prancis, dan Wolof. Di Jersey City, dia memasuki Snyder High School, di mana ia mulai mengenal music hip hop. Lagu pertamanya direkam saat ia berusia 15 tahun dan diberi judul "Operations of Nature".



Akon sempat dipenjarakan karena merampok dan mendistribusikan narkoba. Dan ia menggunakan waktunya selama di penjara untuk mengerjakan musiknya.

Setelah dibebaskan, Akon mulai menulis dan merekam lagu di studionya sendiri. Rekaman tersebut menemukan jalannya ke SRC/Universal, yang kemudian merilis album perdana akon 'Trouble' pada Juni 2004.

Sampai pada 2009, Akon telah merilis tiga album.

Trouble (2004)

Trouble dirilis pada 29 Juni 2004. Ada 5 lagu yang dijagokan di album ini yakni , 'Locked Up', 'Lonely', 'Belly Dancer (Bananza)', 'Pot Of Gold', dan 'Ghetto'. Lagu-lagu Akon berhasil menempati posisi teratas beberapa chart musik. 'Locked Up' misalnya, mencapai posisi 10 besar di US dan 5 besar di UK. Sedangkan 'Lonely', yang diambil dari lagu Bobby Vinton 'Mr. Lonely', berhasil meraih 5 besar Billboard Hot 100, dan menempati peringkat pertama di Australia, UK, dan Jerman.

Konvicted (2006)

Album kedua ini dirilis tanggal 14 November 2006. Dalam album ini, Akon berkolaborasi dengan Eminem, Snoop Dogg, dan Styles P. Sebelumnya, pada Agustus 2006, Akon sudah merilis single 'Smack That' bersama Eminem. Lagu ini sempat bertahan di peringkat dua Billboard Hot 100 selama lima minggu. Selain 'Smack That', lagu yang dijagokan di album ini adalah 'I Wanna Love You' ft. Snoop Dogg dan 'Don't Matter'.

Freedom (2008-2009)

Dirilis menjelang akhir 2008, Freedom berisi tentang perasaan dan keinginan Akon untuk bebas. Di album ini, Akon tidak begitu banyak berkolaborasi dengan musisi lain. Yang menjadi hits adalah 'Right Now (Na Na Na)' dan 'Beautiful' ft. Colby O'Donnis dan Kardinal Offishall.

Akon juga banyak menulis lagu untuk artis lain seperti Gwen Stefani, Chamillionaire, Young Jeezy, dan masih banyak lagi. Akon juga sempat muncul di album Bone Thugs-N-Harmony yang bertajuk Strength and Loyalty. Selain itu Akon juga, secara eksklusif, memproduseri album T-Pain.

Akon adalah seorang muslim dan ia memiliki tiga orang istri. Dia mengendarai Lamborghini Gallardo berwana orange. Akon juga memiliki lembaga untuk anak-anak yang kurang beruntung di Afrika yang dinamakan United For Afrika. Selain itu, dia punya tambang berlian di Afrika Selatan dan mengacuhkan adanya permasalahan berlian.

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More