kritik dan saran

Senin, 30 November 2009

Hubungan Konflik, Keputusan dan Solusi #2

Hubungan antara konflik, keputusan dan solusi selanjutnya akan saya bahas berdasarkan materi yang sudah diberikan oleh dosen mata kuliah tersebut.


Terjadinya konflik atau pertentangan merupakan suatu tahap lanjut dari sebuah komunikasi yang tidak tepat sasaran.


Saya sangat setuju dengan orang-orang yang mengelompokkan konflik sebagai berikut:
a. konflik dalam diri individu
b. konflik antar individu
c. konflik antar individu dan kelompok
d. konflik antar kelompok dalam organisasi yang sama
e. konflik antar organisasi

Lalu sebenarnya, apa yang menyebabkan konflik itu timbul?


KEBUTUHAN
Dalam kehidupannya, setiap individu sangat membutuhkan sumber daya. Nah, kebutuhan akan sumber daya inilah yang membuat inilah yang membuat manusia bertengkar satu sama lain.


PERBEDAAN
Pada hakikatnya, semua manusia memang tidak ada yang sama. Namun, bukan berarti perbedaan itu memisahkan kita. Banyak orang memiliki persepsi yang salah mengenai hal ini sehingga perbedaan itu malah memisahkan kita.


GAYA HIDUP
Sebenarnya, gaya hidup dapat juga kita golongkan ke dalam perbedaan. Namun, saya ingin memisahkannya. Gaya hidup seseorang bisa menimbulkan konflik? Mungkin memang tidak masuk akal. Tapi perlu diketahui bahwa gaya hidup sesorang meninggikan derajatnya. dan derajat yang semakin tinggi membuat orang itu sombong dan merendahkan orang lain.


Apabila kita lihat sekilas, memang sulit untuk mengindari sebuah konflik. namun jangan lupa bahwa kita masih bisa mengambil keputusan untuk mencari solusi yang tepat untuk menghilangkan konflik tersebut.


 

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More